Earth Observatory Of Singapore Perpanjang Kerja Sama Dengan Badan Geologi

earthobservatoryofsingaporeperpanjangkerjasamadenganbadangeologi
Earth Observatory of Singapore (EOS) mengajukan perpanjangan kerja sama dengan Badan Geologi untuk 5 tahun mendatang, itulah hasil rapat evaluasi yang dilakukan Badan Geologi yang diwakili Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dengan delegasi EOS di Gedung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung, Kamis (25/01/18). Sebanyak 12 delegasi EOS hadir pada pertemuan itu membahas kerja sama yang telah dilakukan sejak tahun 2010 dan rencana kerja sama selanjutnya.
Kepala Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung api, Gede Suantika mewawakili Kepala PVMBG memimipin Rapat, i sementara dari EOS dipimpin oleh Fidel Costa.  Dalam rapat tersebut Gede Suantika menjelaskan bahwa kerjasama dengan  EOS sudah berlangsung sejak tahun 2010. Kegiatan yang sudah dilakukan antara PVMBG dan EOS diantaranya pemetaan geologi detail Gunung Gede dilanjutkan Gunung Marapi. Sistem pemantauan seismik, dan geofisik telah selesai dipasang di Gunung Gede, Gunung Salak, Gunung Marapi.
Pengembangan sistem database WOVO dan automatisasi pengolahan data realtime seismik, simulasi erupsi awan panas dengan Titan2D, serta publikasi jurnal internasional. Rapat tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Earth Observatory of Singapore (EOS), BPPTKG, Sekretariat Badan Geologi, dan Staf Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG).
earthobservatoryofsingaporeperpanjangkerjasamadenganbadangeologi1         
Perwakilan dari Earth Observatory of Singapore (EOS) Fidel Costa memaparkan kegiatan yang akan dilakukan pada tahun 2018. Kegiatan tersebut masih berkesinambungan dengan tahun sebelumnya yaitu pemantauan Gunung Gede, Gunung Salak dan Gunung Marapi, penelitian, monitoring seismik, serta training dan workshop. Diskusi berkembang tentang peluang studi lanjut para pegawai PVMBG di Singapore, dan kerja sama pengelolaan data geologi termasuk kerja sama publikasi internasional.
earthobservatoryofsingaporeperpanjangkerjasamadenganbadangeologi2     
Priatna dari sekretariat Badan Geologi yang hadir dalam pembahasan kerja sama tersebut mengusulkan adanya penambahan lokasi penelitian di bidang gas gunung api. Disampaikan bahwa Dieng mempunyai karakteristik yang unik cukup menarik untuk dikaji. Sebagai Daerah wisata unggulan perlu mendapat perhatian dari segi keselamatan.
Pembahasan dilanjutkan dengan permintaan perpanjangan PKS oleh EOS kepada PVMBG selama 2 tahun karena akan berakhir pada 13 Juli 2018. Badan Geologi sedang membuat MoU baru dengan NTU bersama Pusat Suvei Geologi (PSG) mengenai Sharing Knowledge di lingkup laboratorium untuk meningkatkan kapabilitas staf laboratorium, optimalisasi lingkup uji, dan penguatan aplikasi hasil analisa untuk kegiatan penelitian. Secara teknis kedua belah pihak telah siap melakukan kerja sama dalam bidang geokronologi dan geokimia. Target yang ingin dicapai adalah pengembangan riset-riset bidang geosains sekaligus menjadi media bagi pengembangan kemampuan para ahli kebumian serta memberikan kontribusi dalam survei migas dan pemetaan geologi detail melalui penambahan dan pemutakhiran data-data geokronologi.
 
Penulis: Bagus Syulthon.
                                               
                         

<Berita Terkini>