Peran Badan Geologi Dalam Pemulihan Kawasan Dan Pengembalian Fungsi Hidrologis Gambut

Badan Geologi Kementerian ESDM melalui Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP), melakukan pembahasan kerjasama dengan Badan Restorasi Gambut (BRG) yang dilaksanakan pada Senin (29/01/2018) di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 444 Bandung. Kerjasama dilakukan dalam rangka percepatan kawasan dan pengembalian fungsi hidrologis gambut akibat kebakaran hutan dan lahan secara khusus, sistematis, terarah, terpadu dan menyeluruh. PSDMBP dihadiri oleh Kepala PSDMBP Iman K. Sinulingga didampingi Kepala Bidang Batubara, S.S Rita Susilawati dan Pejabat Eselon III beserta Pejabat Fungsional lainnya. Dari pihak BRG dihadiri oleh Deputi 1 Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Budi Satiawan Wardhana dan Deputi 4 Penelitian dan Pengembangan, Haris Gunawan beserta staff lainnya.
peranbadangeologidalampemulihankawasandanpengembalianfungsihidrologisgambut
Paparan Perencanaan Restorasi Deputi 4 Penelitian dan Pengembangan, Badan Restorasi Gambut, Haris Gunawan.
   
PSDMBP adalah salah satu unit Satuan Kerja dibawah Badan Geologi, Kementerian ESDM yang memiliki kewenangan untuk melakukan kegiatan penyelidikan dan penelitian terkait sumberdaya Batubara, Gambut dan Gas Metana Batubara di Indonesia. PSDMBP juga memiliki sarana penyelidikan dan laboratorium terakreditasi Komite Akreditasi Nasional yang lengkap untuk digunakan dalam kegiatan kerjasama Pengembangan Sumber Daya Manusia, Penelitian, Teknologi dan Pengkajian di Bidang Gambut.
peranbadangeologidalampemulihankawasandanpengembalianfungsihidrologisgambut1
Penyelidik Bumi Madya, Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi, Agus Sabarnas, diskusi tentang definisi gambut pada pembahasan kerjasama Restorasi Gambut.
   
BRG merupakan lembaga nonstruktural yang berada di bawah Presiden dan bertanggung jawab kepada Presiden yang mempunyai tugas mengkoordinasikan dan memfasilitasi restorasi gambut pada Provinsi Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan dan Provinsi Papua. BRG menyelenggarakan fungsi pelaksanaan koordinasi dan penguatan kebijakan pelaksanaan restorasi gambut; perencanaan, pengendalian dan kerja sama penyelenggaraan restorasi gambut; pemetaan kesatuan hidrologis gambut; penetapan zonasi fungsi lindung dan fungsi budidaya; pelaksanaan konstruksi infrastruktur pembasahan (rewetting) gambut dan segala kelengkapannya; penataan ulang pengelolaan areal gambut terbakar; pelaksanaan sosialisasi dan edukasi restorasi gambut; pelaksanaan supervisi dalam konstruksi, operasi dan pemeliharaan infrastruktur di lahan konsesi; serta pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Presiden.
 
Dalam pembahasan kerjasama tersebut, kedua belah pihak melakukan komunikasi langsung dan diskusi dengan para ahli geologi batubara dari bidang batubara PSDMBP. Para ahli memberikan pengenalan profesi  ahli geologi batubara, memaparkan pengenalan PSDMBP dan presentasi Eksplorasi Gambut PSDMBP. Dilanjutkan presentasi dari Deputi 4 Penelitian dan Pengembangan BRG, setelah itu seluruh peserta melakukan kunjungan langsung ke bengkel alat berat dan laboratorium yang dimiliki PSDMBP.
Di laboratorium PSDMBP, rombongan mendapatkan penjelasan tentang peralatan laboratorium dan mengenai berbagai kegiatan analisis untuk kepentingan kerjasama tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Penelitian, Teknologi dan Pengkajian di Bidang Gambut.
peranbadangeologidalampemulihankawasandanpengembalianfungsihidrologisgambut2
Deputi 1 Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Badan Restorasi Gambut, Budi Satiawan Wardhana beserta Kepala Bidang Batubara PSDMBP, SS Rita Susilawati dalam penjelasan peralatan laboratorium pada pembahasan kerjasama Restorasi Gambut.
   
Penulis : Elang Somantri, Wiwi Resmiasih
Editor   : Titan Roskusumah
                                                 
                         

<Berita Terkini>