Balitbang Esdm Jalin Kerja Sama Dengan Badan Geologi

balitbangesdmjalinkerjasama
Kepala Badan Litbang ESDM F.X Sutijastoto (kiri) dan Kepala Badan Geologi Rudy Suhendar (kanan) selepas penandatanganan Nota Kesepahaman
   
Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral menjalin kerja sama dengan Badan Geologi untuk 5 tahun mendatang. Nota Kesepahaman  yang ditandatangani di Ruang Rapat Wunga Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Jakarta, Senin (05/02/2018) ini merupakan langkah awal untuk menjalin kerja sama diantara kedua belah pihak.
 
Kepala Badan Geologi Rudy Suhendar bersama dengan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral F.X Sutijastoto, membuka acara dengan memberikan sambutan. Dalam acara tersebut Kepala Badan Geologi menjelaskan mengenai ruang lingkup kegiatan yang akan dilakukan dalam nota kesepahaman diantaranya: Pemanfaatan hasil penelitian. Survei dan pengolahan data geologi dan geofisika serta geohazard survey. Pemanfaatan energi baik yang berbahan bakar fosil, non fosil maupun energi baru dan terbarukan. Pengeboran eksplorasi mineral batubara, panas bumi, dan air tanah serta mineral tanah jarang. Mitigasi bencana geologi. Penelitian dan pengembangan geologi lingkungan. Pemanfaatan sarana dan prasarana litbang serta laboratorium serta pemanfaatan dan pengembangan sumber daya manusia.
balitbangesdmjalinkerjasama1
     
Kegiatan Badan Geologi diharapkan dapat bersinergi dengan Badan Litbang sebagai Badan Layanan Umum sehingga pemanfaatan data dapat membuka peluang bagi para investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Manfaat lainnya berupa pengembangan sektor energi dan mineral yang merupakan langkah awal untuk eksplorasi di Indonesia. Cadangan batubara yang cukup besar dapat ditingkatkan melalui studi teknologi pengembangan, Kepala Badan Litbang dalam sambutannya.
balitbangesdmjalinkerjasama2
     
Kepala Badan Geologi menyambut baik kerja sama ini, dimana peran Badan Geologi semakin terasa untuk meningkatkan hasil penelitian kementerian ESDM. Keberadaan Kementerian ESDM bagi masyarakat akan lebih menonjol di sektor energi dan sumber daya mineral. Acara tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Badan dan Para Kepala Pusat di lingkungan Badan Geologi dan Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM.
   
Penulis: Bagus Syulthon
 
                            

<Berita Terkini>