Menteri Esdm Jonan Resmikan Sumur Bor Se-jawa Timur Di Jember

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan meresmikan sumur bor Air Tanah se-Jawa Timur yang dipusatkan di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum yang terletak di Desa Suci, Kabupaten Jember, Jawa Timur pada hari Sabtu 07 Maret 2018, bersama Kepala Badan Geologi, Rudy Suhendar, Bupati Jember, Hj. Faida, dan Anggota Komisi 7 DPR RI, Bambang Haryadi.

 gbr1

Kementerian ESDM melalui Badan Geologi dalam kegiatan periode 2005 - 2017 telah membangun 1.782 sumur bor air tanah yang dapat melayani lebih dari 5 juta jiwa. Sumur bor yang diresmikan merupakan salah satu dari 7 sumur bor yang dibangun di Jember. Di wilayah provinsi Jawa Timur pemerintah telah membangun 53 sumur bor dengan menggunakan dana APBN 2017. Pembangunan 53 sumur bor ini merupakan upaya pemerintah memberikan fasilitas air bersih kepada masyarakat

 gbr2

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, 53 sumur bor air tanah tersebut dibangun pada desa-desa di 18 kabupaten/kota di Jawa Timur yang merupakan daerah-daerah sulit air. Menurut Jonan sumur bor air tanah untuk daerah sulit air merupakan bagian dari pemerataan keadilan sosial, yang diterjemahan adalah semua kebutuhan dasar bagi seluruh warga sebisa mungkin terpenuhi. “Pemanfaatan APBN harus dirasakan langsung oleh masyarakat terutama menengah ke bawah. APBN adalah uang rakyat, jadi kembali ke rakyat," kata Jonan, di Jakarta, Sabtu (7/4/2018).

"Jumlah sumur bor yang dibangun tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu, yang terealisasi sebanyak 237 unit sumur bor dari target pembangunan sebanyak 250 unit di seluruh Indonesia," kata Jonan saat meresmikan sumur bor air tanah di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum.

Sumur bor yang terdapat di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Desa Suci, Kabupaten Jember, Jawa Timur dapat melayani kebutuhan air bersih bagi seluruh santri dan masyarakat sekitar dengan kapasitas layanan lebih dari 1.400 jiwa. Sebanyak 350 santri termasuk 150 santri yang menetap atau tinggal di pesantren, kini bisa memenuhi kebutuhan air bersih untuk kegiatan sehari-hari. Para santri dan santriwati di Pondok Pesantren kini tidak perlu lagi naik truk sejauh dua kilometer (km) untuk mandi.

 gbr3

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan menargetkan pembangunan 550 unit sumur bor air tanah di seluruh wilayah Indonesia pada 2018, yang 78 unit di antaranya akan dibangun di Jawa Timur.

Menurutnya bertambahnya jumlah sumur bor air tanah yang dibangun tersebut diharapkan dapat melayani fasilitas untuk kebutuhan air bersih di daerah semakin merata, sehingga tidak ada lagi warga yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

 

Penulis: Tim Humas Badan Geologi