Kembangkan Riset Kebumian Universitas Indonesia Gandeng Badan Geologi

Universitas Indonesia dan Badan Geologi menandatangani nota kesepahaman untuk 5 tahun mendatang di Ruang Rapat Wunga Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Jakarta, Jumat (13/04/2018). Penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan kerjasama dalam bidang penelitian dengan tujuan meningkatkan pengembangan sumberdaya manusia, teknologi, pengkajian, penyelidikan dan penelitian bidang geologi untuk kepentingan ke dua belah pihak.

gbr1 

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Badan Geologi, Rudy Suhendar dan Dekan Fakultas MIPA Universitas Indonesia, Abdul Haris. Dalam sambutannya Kepala Badan Geologi menjelaskan mengenai ruang lingkup kegiatan yang akan dilakukan dalam nota kesepahaman diantaranya:

  1. pengembangan, pelayanan informasi, pendidikan, penelitian dan pengkajian teknologi di bidang kebumian.
  2. pemanfaatan sarana survei dan laboratorium.
  3. peningkatan sumber daya manusia.

 gbr2

Kerjasama dengan perguruan tinggi dipandang penting oleh Badan Geologi karena perguruan tinggi merupakan partner strategis dalam implementasi melalui edukasi dan riset, serta membuka peluang melakukan praktek kerja melalui satuan kerja yang ada di Badan Geologi (PSG, PVMBG, PSDMBP, PAGTL). Badan Geologi merangkul pihak Universitas baik dalam maupun luar negeri seperti UNPAD, ITB, UGM, UNSIYAH, UI, NTU Singapore, Oregon State University Amerika, serta Wollonggong Australia alasannya lebih pada melihat potensi sumber daya manusia dan teknologi yang ada di perguruan-perguruan tinggi ini yang memiliki kemampuan untuk menggali lebih dalam aspek-aspek geologi.

 gbr3

Dekan Fakultas MIPA Universitas Indonesia dalam sambutannya mengatakan Badan Geologi memiliki potensi yang cukup besar didalam pengembangan program studi geologi yang merupakan bidang studi baru di Universitas Indonesia., Melalui kerja sama ini diharapkan dapat membantu generasi muda yang mendalami geosains melalui program peluang kerja praktek serta sarana laboratorium yang dimiliki Badan Geologi disamping Sharing Knowledge dimana para ahli di Badan Geologi menjadi dosen tamu untuk berbagi ilmu serta pengalaman di bidang kegeologian.

 

Penulis: Bagus Syulthon