Arahan Menteri Jonan Dalam Rangka Survei Hulu Migas Untuk Peningkatan Investasi Migas Di Indonesia

Tanggal 13 April 2018, para pejabat struktural dan fungsional Pusat Suvei Geologi (PSG), Badan Geologi menghadiri rapat audiensi dengan Menteri ESDM Ignasius Jonan di Gedung Heritage Kementerian ESDM Jakarta, yang dihadiri oleh Kepala Badan Geologi, Kepala Pusat Survei Geologi, dan Kepala Pusat PPPTMGB ”LEMIGAS”.

 gbr1

Menteri ESDM, Ignasius Jonan memberikan pengarahan dalam rangka Survei Hulu Migas Untuk Peningkatan Investasi Migas di Indonesia.

Pada kesempatan ini Menteri ESDM memberi pengarahan kepada PSG dalam rangka meningkatkan minat investasi dalam sub sektor minyak dan gas bumi di Indonesia melalui penyediaan data dan informasi geologi. Sejak tahun 2010, Badan Geologi melalui PSG telah melakukan survei geologi kemigasan secara intensif di daerah-daerah frontier, yang berpotensi terdapat akumulasi migas. Kegiatan Pusat Survei Geologi ini berlanjut hingga saat ini dengan hasil berupa rekomendasi wilayah kerja migas baru sebanyak 36 area (9 area WK Migas/tahun). Dari 36 area ini, PSG memprioritaskan 5 area untuk ditindak lanjuti lebih dalam yaitu Blok Selaru, Arafura Selatan, Boka, Asmat dan Agats Barat, dengan identifikasi adanya potensi sumberdaya P50 migas baru sebesar 14,86 TCF jika terbukti gas dan 12453,54 MMBO jika terbukti minyak.

 gbr2

Para peserta rapat audiensi berfoto bersama Menteri ESDM, Ignasius Jonan.

Jonan menyampaikan agar perburuan giant field baru dapat tercapai, hasil dari kegiatan PSG harus bisa dimanfaatkan oleh seluruh pengguna data migas di Indonesia. Untuk itu kegiatan yang dilakukan oleh PSG harus lebih fokus dan mempunyai prioritas ke satu atau dua area yang sangat berpotensi, agar hasilnya menjadi lebih optimal. Untuk mendukung hal tersebut, Jonan meminta adanya sinergitas antara instansi terkait dengan Badan Geologi dalam eksplorasi migas di Indonesia, agar hasil kegiatan PSG lebih tepat sasaran dalam perburuan giant field baru di Indonesia.

 

Penulis: Tim Survei Migas, Pusat Survei Geologi, Badan Geologi