Jonan Resmikan Sumur Bor Dan Pembangkit Listrik Energi Terbarukan Di Sulawesi Selatan

Menteri ESDM, Ignasius Jonan meresmikan Sumur Bor dan Pembangkit Listrik Energi Terbarukan di Desa Batujala Kecamatan Baturamba Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan pada hari Rabu 09/05/2018.

gbr1

Kementerian ESDM semakin fokus pada pelayanan publik yang langsung dapat bermanfaat dan nyata dirasakan bagi masyarakat. Melalui Badan Geologi Kementerian ESDM terus berupaya membantu daerah-daerah yang kesulitan air bersih dan daerah tertinggal dengan cara membangun sumur bor air tanah dalam.

gbr2

Kepala Badan Geologi, Rudy Suhendar melaporkan bahwa sumur bor yang telah dibangun di Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2017 ini sebanyak 15 unit yang tersebar di 8 kabupaten dengan kapasitas produksi air bersih mencapai 810 ribu m3/tahun dan mampu melayani hingga 37 ribu jiwa penduduk.

"Satu sumur bor ini sebetulnya bisa melayani hampir 3 ribu jiwa, sedangkan di Desa Batujala ini, sumur bor hanya melayani 600 jiwa jadi mohon kalau air berlebih agar bisa disalurkan ke warga desa sekitarnya" harap Jonan kepada masyarakat di Desa Batujala.

gbr3

Jonan berpesan kepada Kepala Desa agar sumur bor ini dirawat, dan untuk keperluan biaya operasional dan perawatannya masyarakat bisa mengadakan iuran. "Satu bulan per kepala keluarga paling banyak mengeluarkan iuran 5 ribu saja" jelas Jonan."Mohon dirawat agar bisa dipake seumur hidup", tegasnya. Tujuan pembangunan sumur bor ini untuk membantu pemenuhan kebutuhan air bagi masyarakat dan meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat dalam mengentaskan permasalahan air bersih di daerah sulit air.

gbr4

Kedepan, Kementerian ESDM dengan didukung oleh komisi 7 DPR RI sebagai mitra kerja berupaya menambah anggaran program ini agar lebih banyak lagi menjangkau masyarakat di daerah sulit air. Peningkatan alokasi anggaran untuk pembangunan sumur bor di daerah sulit air ini sesuai dengan program nawacita pemerintahan Jokowi - JK.

Selain peresmian sumur bor, dilakukan juga video conference dengan Pulau Saugi Kabupaten Pangkep, dimana secara keseluruhan terdapat 21 unit Pembangkit Listrik Tenaga Energi Terbarukan yang tersebar di 4 kabupaten Provinsi Sulawesi Selatan.

Penulis : Titan Roskusumah dan Lilies Marie