Perkembangan Gempa Bumi Lombok, Tanggal 30 Juli 2018

lombok30
Perkembangan Gempa Bumi Lombok,  tanggal 30 Juli 2018 sebagai berikut:

1. Gempa bumi Lombok M 6.4 SR yg terjadi tgl 29 Juli 2018, sampai saat ini telah diikuti sedikitnya 333 gempa susulan dengan magnitude yg semakin mengecil. Jumlah kurban jiwa 17 meninggal.

2. Dari hasil pemantaun di Pos PGA di Sembalun, belum ada peningkatan aktivitas vulkanik G. RInjani akibat gempa Lombok. Namun terjadi kerusakan bangunan Pos PGA.

3. Tim PVMBG Badan Geologi telah berada di lokasi bencana dan telah melakukan  beberapa kegiatan, antara lain: koordinasi BNPB, BPBD dan Pemda; serta pengecekan kerusakan geologi akibat gempa di beberapa tempat. 

4. Posko utama berada di Desa Madayin, Kecamatan Sambalia, Lombok Timur.

5. Kondisi listrik dan distribusi BBM di daerah bencana  sudah dalam keadaan normal.

6. Kebutuhan air bersih para pengungsi saat ini disuplai lewat tangki air. Kemungkinan bantuan sumur bor utk saat ini akan sangat membantu

7. Informasi pendaki yg terjebak di danau Segara Anak  akibat jalur pendakian tertutup longsor,   sebagian besar sudah dievakuasi, masih ada 6 orang yg berada di lokasi.

8. Rencana Tim PVMBG Badan Geologi akan melanjutkan pemetaan kerusakan geologi dan pengukuran mikrotremor serta sosialisasi.

lombok29Bangunan rumah penduduk yang rusak berat akibat Gempa Bumi Lombok  tanggal 29 Juli 2018 di Obel obel Kecamatan Sambalia

 


Tim Gempa Bumi Lombok,

PVMBG

Badan Geologi


Berita Terkini