Kegiatan Tim Mitigasi Gerakan Tanah, Pvmbg, Dampak Gempa Bumi Di Lombok Terhadap Kejadian Gerakan Tanah

rinjani

Tim TD Gerakan Tanah PVMBG dengan Tim dari Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLH, serta pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani, KLH


Disampaikan  dengan hormat, kegiatan Tim Mitigasi Gerakan Tanah, PVMBG, dampak gempa bumi di Lombok terhadap kejadian gerakan tanah.

1. Tim Mitigasi Gerakan Tanah, PVMBG tiba di Sembalun, Lombok tanggal 31 Juli 2018 sore dan langsung  melaksanakan koordinasi bersama BNPB di lokasi Posko Utama.

2. Pantauan sepanjang jalur Pusuk -Sembalun yang bermorfologi curam tidak ditemukan  longsor baru akibat gempabumi Lombok

3. Tanggal 1 Agustus 2018 :

 a. Pengumpulan data dan Informasi awal lokasi gerakan tanah akibat gempabumi bekerjasama dengan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem dari Kementrian LH dan Pengelolah Taman Nasional G.Rinjani

 b. Koordinasi  dengan Tim Gakkum Taman Nasional dari Kementrian  Lingkungan Hidup dalam rangkah memetakan kejadian longsor berdasarkan informasi awal dan persiapan pengecekan lokasi gerakan tanah di Plawangan Sembalun.

 c. Koordinasi dengan Kasdim di Posko Bencana Sembalun dan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani terkait rencana survei kajian gerakan tanah di Plawangan untuk mendapatkan data terkini longsor akibat gempa bumi serta potensi bencana yang mungkin terjadi ke depannya. 

4. Tgl 2 - 3 AgustusPemeriksaan Gerakan Tanah di area Plawangan dan sekitarnya di Gunung Rinjani. Kegiatan lapangan dilaksanakan bersama dengan tim dari Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.

Tim sedang perjalanan mendaki  ke lokasi longsor, dibutuhkan waktu sekitar 8 jam sampai di lokasi.



Tim TD Gerakan Tanah PVMBG
Badan Geologi

Berita Terkini