Badan Geologi Buka Stand Terbesar Pada “geoexpo’ Event Akbar Civitas Akademika Geologi Di Yogyakarta 15 – 16 Oktober 2015

Badan Geologi Buka Stand Terbesar Pada "Geoexpo" Event Akbar Civitas Akademika Geologi Di Yogyakarta

15 – 16 Oktober 2015

 

Jurusan Teknik Geologi UGM (JTGL-UGM) telah menggelar pekan Geologi terbesar pertama se-Indonesia, Geoexpo 2015. Acara yang menggunakan konsep company fair, exhibition and fun ini berlangsung pada 15 sampai 16 Oktober di Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Kegiatan GEOEXPO merupakan kegiatan yang bertujuan mengenalkan ilmu kebumian, khususnya ilmu geologi kepada masyarakat umum. GEOEXPO 2015 yang mengusung tema ‘geominergy’ ini mengenalkan ilmu geologi secara umum, aplikasinya dalam dunia pertambangan, dan sumber daya energi, serta konservasinya. GEOEXPO 2015 yang dilaksanakan dengan konsep exhibition ini ditujukan kepada kalangan akademisi, profesional, dan praktisi, serta masyarakat umum di seluruh Indonesia.

 

badangeologibukasatandterbesarpadageoexpo

Selain mengenalkan ilmu kebumian yang akan diisi oleh Jurusan Teknik Geologi UGM, Badan Geologi, museum-museum yang berkaitan dengan dunia geoscience, dan beberapa badan studi yang berkaitan, booth GEOEXPO 2015 ini juga diisi oleh perusahaan multi-nasional yang bergerak di bidang geologi lingkungan, sumber daya energi dan sumber daya mineral serta ada presentasi dari setiap perusahaan-perusahaan tersebut. Selain itu, akan diadakan juga workshop batu mulia dan pameran batu mulia dari beberapa komunitas batu mulia di Indonesia.

GEOEXPO yang merupakan kegiatan tahunan Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi FT-UGM yang diselenggarakan sejak tahun 2013 pada tahun ini telah berhasil menarik pengunjung lebih dari 1700 orang. Pada tahun ini, GEOEXPO diadakan selama 2 hari pada tanggal 15-16 Oktober 2015 dan tidak dipungut biaya tiket masuk. Acara ini sangat cocok untuk para praktisi ilmiah, pelajar dan masyarakat umum yang ingin mengenal dan mengetahui lebih dalam tentang dunia geologi dan aplikasi lebih luasnya di sektor energi, lingkungan, dan pertambangan. Jumlah pengunjung stand Badan Geologi tercatat sekitar 500 orang. Para pengunjungsangat antusias dan sangat meminati pembagian buku, brosur, leaflet serta beberapa cinderamata secara gratis.

Sebagai sarana pengenalan ilmu kebumian, khususnya geologi pertambangan dan geologi sumberdaya energi, booth pada Geoexpo selain Badan Geologi diisi oleh pihak akademisi Teknik Geologi UGM, museum, dan sejumlah perusahaan tambang dan migas skala nasional maupun internasional, seperti PT Freeport dari sector pertambangan, & PT Pertamina dari sektor energi. Selain memamerkan poster-poster hasil kegiatan Badan Geologi, juga mengisi talkshow dengan tema Pengenalan Badan Geologi serta tentang Geodiversity.

badangeologibukasatandterbesarpadageoexpo1

Meskipun begitu, acara ini bukanlah acara khusus untuk civitas akademik dan praktisi kebumian saja. Masyarakat umum dari berbagai latar belakang juga dapat menikmatinya tanpa mengeluarkan biaya. Pameran ini tidak hanya berisi informasi mengenai geologi dan aplikasinya di dunia industri, namun pengunjung juga dapat terlibat dalam program beasiswa, job fair dan beberapa program lainnya yang akan ditawarkan oleh berbagai perusahaan tersebut.

Penyelenggara juga mengadakan perlombaan fotografi yang bersifat terbuka, serta donor darah yang tentunya, dapat diikuti oleh segala kalangan.

(Joko Parwata)