Humas Garda Terdepan Penyebarluasan Informasi Dan Program Pemerintah

standkesdmhumasgardaterdepaninformasipemerintah

“Peran operasionalisasi Badan Koordinasi Kehumasan merupakan garda terdepan dalam penyebarluasan informasi dan program pemerintah secara cepat, tepat dan mudah diterima serta dipahami masyarakat” ucap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Crisnandi dalam pembukaan acara Temu BAKOHUMAS dan Komunitas Expo 2015 di Convention Hall Dyandra Surabaya, Senin (16/11/2015). Yuddy mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat mampu memahami tentang kebijakan dan program-program nasional dari pemerintah.” Kepada BAKOHUMS di seluruh Indonesia untuk membuat iklan layanan masyarakat yang memenuhi persyaratan, menyampaikan pesan respon positif masyarakat dan tidak menayangkan kepentingan pribadi atau golongan,” terang Yuddy.

Dalam kesempatan yang sama disampaikan beberapa arahan terkait kebijakan dan program nasional pemerintah dalam hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden RI Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik kepada Kementerian/ Lembaga, para Gubernur dan Walikota, pertama, menyampaikan data dan informasi terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing institusi pemerintahan.kedua, menyebarluaskan kepada publik nasari tunggal dan data pendukung lainnya yang disusun oleh kementerian Komunikasi dan Informatika terkait dengan kebijakan program-program pembangunan nasional dari pemerintah. Ketiga, menyampaikan setiap kebijakan dan program pemerintah secara lintas sektoral dan lintas daerah kepada publik secara cepat dan tepat. Keempat, menyampaikan informasi dari berbagai saluran informasi kepada masyarakat secara tepat, cepat, obyektif, berkualitas baik, berwawasan nasional, dan mudah dimengerti terkait dengan pemerintah, agar rakyat tahu berbagai macam upaya-upaya pembangunan nasional untuk kesejahteraan rakyatnya serta rakyat tahu tujuan apa yang dikerjakan oleh pemerintah. “ Saatnya humas Pemerintah Pusat, Humas Perguruan Tinggi, Humas BUMN, BUMD serta Komunitas Kehumasan bahu membahu untuk membangun keharmonisan pengelolaan informasi publik tersebut,” lanjut Yuddy.

Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Ditjen Informasi dan Komunkasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika dari 17 hingga 19 November 2015 tersebut digelar beberapa kegiatan diantaranya : Seminar dan dialog, termasuk menyajikan Bakohumas Expo 2015 di lokasi Gramedia Expo Surabaya yang diikuti oleh instansi pemerintah pusat dan daerah, juga perlombaan meliputi Anugerah Media Humas (AMH) 2015, Seminar Nasional, Festival Pertunjukan Rakyat, Pelayanan Publik, Stand Up Komedi, Booth terbaik dan musik performance. Selanjutnya, menurut Menteri Komunikasi dan Informasi Pusat, Rudiantara, sistem pelayanan Humas pemerintah kepada masyarakat tidak perlu dibenahi dan seharusnya Instruksi Presiden ( Inpres) No.9/2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik atau Governmanet Publik Relations (GPR) tidak akan terbit. "Sebagai Humas Pemerintah kita harus punya karakter, salah satunya narasi tunggal. Minimal seluruh Humas Pemerintah se-Indonesia tahu dan paham prestasi kerja pemerintah selama satu tahun," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengumumkan pemenang Anugerah Media Humas (AMH) 2015 yang memperlombakan media humas dalam lima kategori meliputi Penerbitan Internal, Pelayanan Informasi Melalui Website, Advertorial, Laporan Kerja Humas, Profil Lembaga dan Merchandise.Anugerah Media Humas (AMH) 2015 ini diikuti oleh 142 lembaga yang terdiri dari Pemerintah Daerah, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, BUMN, dan Perguruan Tinggi. Penentuan pemenang dilakukan oleh tim juri yang ditunjuk oleh Kemkominfo. Tim juri tersebut terdiri dari Usman Kansong (Media Indonesia)​, ​Subagio, M.S (Tenaga Ahli Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo), Dadang Rahmat (Akademisi dan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia), Ibnu Hamad (Akademisi) dan Ahmed Kurnia (Portal InfoPublik). Berikut pemenang Anugerah Media Humas & Media Tradisional 2015, diantaranya : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mahkamah Konstitusi, Badan Geologi KESDM, Kementerian Perdagangan, PT. Angkasa Pura, dan Universitas Hasanudin. Dalam hal ini, Geomagz dari Badan Geologi masuk nominasi enam besar penerbitan media internal di tingkat Kementerian, Lembaga, BUMN, BUMD, dan Perguruan Tinggi Negeri.

(Lilies Marie& Deni Sugandi)