Bilateral Meeting Timor Leste Dengan Indonesia On Oil And Gas

Bilateral Meeting Timor Leste Dengan Indonesia On Oil And Gas

 

 

Bilateral meeting dilakukan antara Timor Leste dengan Indonesia pada bidang Oil and Gas yang dilaksanakan tanggal 14 Desember 2016 di Sanur Paradise Plaza Hotel, Bali. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Ir. Rangga Kuncahya, M.Sc dengan anggota terdiri dari wakil Ditjen Migas, Balitbang (Lemigas), Badiklat (STEM, dan Pusdiklat Migas), SKK Migas, dan Badan Geologi (PSG), juga dari BUMN (Pertamina EP, PGN, Badak LNG), dan perusahaan swasta (PT Rekayasa Industri, APB) sedangkan delegasi Timor Leste dipimpin Mr. Gualdino Da Silva dengan anggota dari IPG, TimorGAP, dan ANPM.

Pertemuan ini mendiskusikan rencana kelanjutan kerjasama antar kedua negara dan  kedua belah pihak menyampaikan presentasi terkait eksplorasi, regulasi, dan pengelolaan migas upstream dan downstream. Badan Geologi diwakili oleh Kepala Pusat Survei Geologi, Dr.Ir. Muhammad Wafid A.N., M.Sc., yang menyampaikan paparan tentang eksplorasi migas di Indonesia khususnya di wilayah timur Indonesia baik untuk migas konvensional maupun non konvensional. Hal yang menarik dalam acara tersebut adalah presentasi dari IPG terkait hasil eksplorasi migas onshore dan offshore yang menyampaikan bahwa di selatan timor sudah dilakukan akuisisi seismik dengan cukup masif oleh Timor Leste. Mengingat masih kurangnya data G & G di Indonesia bagian timur selama ini, maka dirasa perlu untuk dilakukannya kerjasama antara BGL dengan IPG untuk sharing data dan informasi sehingga analisis petroleum system dan play di wilayah timur Indonesia dapat dilakukan secara lebih komprehensif. Disamping itu diyakini bahwa penjelasan kondisi geologi regional baik paleogeografi maupun tektonostratigrafi wilayah timur Indonesia sangat dibutuhkan oleh kedua belah pihak dalam kegiatan eksplorasi migas. Hal lain yang perlu diinformasikan adalah bahwa dalam informal meeting telah disampaikan kepada pihak Timor Leste bahwa BGL barusaja meluncurkan peta geologi hasil interpretasi inderaja untuk seluruh wilayah Indonesia sebanyak 3.774 lembar dan pihak Timor Leste tertarik untuk berkunjung ke Badan Geologi untuk mempelajari teknologi inderaja yang telah dilakukan BGL. Selain hal itu juga dibicarakan kemungkinan untuk memperluas cakupan pembahasan yaitu terkait sumber daya mineral dan disampaikan bahwa di Badan Geologi ada Pusat yang mempunyai tugas fungsi terkait sumberdaya mineral batubara dan panas bumi dan akan lebih baik jika dilibatkan untuk kegiatan tersebut.

Dalam sesi akhir telah disepakati oleh kedua belah pihak bahwa akan dilakukan 10 way forward dari pertemuan bilateral ini dimana dua hal penting terkait dengan Badan Geologi adalah: 0. Joint study for Sub-thrust Zone (TOR); exploration on energy and mineral resources in the cross border area; and joint research and publication with goal of international paper (PIC: Badan Geologi, Balitbang dan ANPM), pembicaraan lebih lanjut direncanakan antara bulan Mei-Agustus 2017. 0. Possibility to include mineral sector in the next bilateral meeting (PIC: Ditjen Migas, Ditjen Minerba, Badan Geologi, ANPM, IPG I.P.) karena pihak Ditjen Minerba tidak ada yg hadir maka disepakati untuk dilakukan konsultasi lebih lanjut dengan Ditjen Minerba. Selain dua hal di atas forum sepakat bahwa bilateral meeting selanjutnya akan dilaksanakan di Timor Leste yg direncanakan pada minggu pertama atau kedua bulan Mei 2017 dengan PIC ANPM dan Ditjen Migas.

 

 

 bilateralmeetingtimorlestedenganindonesiaonoilandgas

Kesepakatan kerjasama antar kedua negara dilanjutkan Indonesia diwakili oleh

Kepala Pusat Survei Geologi, Badan Geologi Dr.Ir. Muhammad Wafid A.N., M.Sc

dan Timor Leste diwakili Mr. Gualdino Da Silva.

 

 bilateralmeetingtimorlestedenganindonesiaonoilandgas1

Perwakilan kedua negara yang hadir di Bilateral Meeting Timor Leste – Indonesia,

di Sanur Paradise Plaza Hotel, Bali (14/12/2016)

 

 bilateralmeetingtimorlestedenganindonesiaonoilandgas2

Kegiatan Bilateral Meeting Timor Leste – Indonesia,

di Sanur Paradise Plaza Hotel, Bali (14/12/2016)

 bilateralmeetingtimorlestedenganindonesiaonoilandgas3

Kegiatan Bilateral Meeting Timor Leste – Indonesia,

di Sanur Paradise Plaza Hotel, Bali (14/12/2016)

 

Sumber    : Sinung Baskoro

Pengirim  : Lilies Marie

 

 

<kembali>