Aktivitas Gunungapi Indonesia Di Atas Normal ( Per 20 Desember 2016 )

Aktivitas Gunungapi Indonesia Di Atas Normal

( Per 20 Desember 2016 )

aktivitasgunungapiindonesiadiatasnormal

 

Kepala Badan Geologi melakukan wawancara Live di Metro TV pada tanggal 20 Desember 2016 dengan materi:

1. Penjelasan mengenai persiapan Sektor ESDM dalam menghadapi Natal 2016 dan Tahun Baru 2017. Disampaikan bahwa Badan Geologi-Kementerian ESDM telah mengirimkan rekomendasi terkait upaya mitigasi bencana geologi. Kepala Badan Geologi mengingatkan bahwa ancaman bencana geologi dapat meliputi letusan gunungapi, kejadian gempabumi dan tsunami, maupun kejadian gerakan tanah. Musim hujan di akhir tahun juga perlu diantisipasi terutama untuk ancaman lahar dingin gunungapi maupun gerakan tanah.

2. Penjelasan mengenati tingkat aktivitas gunungapi di Indonesia di atas normal. Disampaikan oleh Kepala Badan Geologi terdapat 1 gunungapi dalam Level IV (AWAS) dan 15 gunungapi dalam Level II (Waspada). Kepala Badan Geologi menyampaikan juga agar masyarakat mematuhi rekomendasi yang telah dibuat dan dituangkan dalam bentuk laporan maupun Peta Kawasan Rawan Bencana.

3. Penjelasan mengenai informasi real-time kebencanaan geologi yang dapat diakses melalui aplikasi web MAGMA Indonesia (http://magma.vsi.esdm.go.id). Disampaikan oleh Kepala Badan Geologi bahwa MAGMA adalah sistem yang dibuat mandiri dan dapat dipercaya karena sumber informasinya berasal dari Badan Geologi-PVMBG. Disampaikan juga bahwa masyarakat dapat mengakses informasi dan rekomendasi termasuk  Peta Kawasan Rawan Bencana Geologi se-Indonesia melalui aplikasi MAGMA.

 

aktivitasgunungapiindonesiadiatasnormal1Wawancara dengan Metro TV tentang Aktivitas Gunungapi Indonesia di Atas NormalSelasa (20/12/16)


aktivitasgunungapiindonesiadiatasnormal2

Kepala Badan Geologi menjelaskan keadaan Gunungapi di Indonesia

 

aktivitasgunungapiindonesiadiatasnormal3aktivitasgunungapiindonesiadiatasnormal4aktivitasgunungapiindonesiadiatasnormal5aktivitasgunungapiindonesiadiatasnormal6aktivitasgunungapiindonesiadiatasnormal7aktivitasgunungapiindonesiadiatasnormal8

 

Sumber    : Devy Kamil Syahbana

Pengirim : Lilies Marie

 

<kembali>