Kunjungan Kerja Badan Geologi Pada Dua Pos Pengamatan Gunung Api Dan Jalur Potensi Longsor

Kunjungan Kerja Badan Geologi Pada Dua Pos Pengamatan Gunung Api  Dan Jalur Potensi Longsor

 

Kepala Badan Geologi mengadakan kunjungan kerja ke Pos pengamatan Gunungapi ( PGA ) Guntur dan Papandayan, didampingi I Gede Suantika (Kepala Bidang  Mitigasi), Hendra Gunawan (Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunungapi Wilayah Barat) dan Agus Budianto (Kepala Sub Bidang Mitigasi Gerakan Tanah Wilayah Barat) Kepala Badan Geologi beserta staf melakukan diskusi dengan para pengamat Gunungapi dari pos PGA Guntur dan Papandayan Kamis 29 Desember 2016, dalam rangka persiapan akhir tahun dan mendapatkan informasi terkini aktivitas Gunungapi Guntur dan Papandayan ( berada di Kabupaten Garut/lk 60 km dan 70 km ke Selatan Bandung Jawa Barat ) serta kesiapan pengamat dalam menyampaikan rekomendasi Badan Geologi kepada masyarakat.

Dari 7 (tujuh ) Gunungapi aktif yang ada di Jawa Barat, semuanya saat ini berstatus Normal (level 1), yaitu Gunungapi Tangkuban Perahu, Papandayan, Guntur, Galunggung, I Gede Suantika, Salak, Ciremai. Gunungapi Guntur sudah 29 (dua) kali krisis kegempaan yaitu tahun 1998 dan tahun 2013, dan Gunungapi Papandayan dengan letusan terakhirnya tahun 2002. Kepala Badan Geologi menanyakan kesiapan kondisi peralatan pemantau Gunungapi, kondisi Pos PGA, serta koordinasi dengan pemerintah Daerah dan BPBD dan kesiapan para pengamat untuk menyampaikan rekomendasi ke pihak pendaki Gunung/pengunjung untuk tidak mendekati dan camping di kawah.

Sedangkan hasil inspeksi singkat jalur rawan longsor di Jalan Bandung-Garut teramati dijalur jalan Nagreg dan Leles. Rekomendasi terkait jalur rawan tersebut adalah perlu dipasang peringatan longsor dan kewaspadaan saat curah hujan tinggi.

 

Sumber    : Hendra Gunawan

Pengirim  : Lilies Marie

kunjungankerjabadangeologipadaduapospengamatangunungapidanjalurpotensilongsorKepala Badan Geologi berfoto bersama dengan Pengamat PGA Papandayan

kunjungankerjabadangeologipadaduapospengamatangunungapidanjalurpotensilongsor1Kepala Badan Geologi berfoto bersama dengan Pengamat PGA Guntur

 

 

 

<kembali>