Coffee Morning Informasi Kebencanaan Geologi

Coffee Morning Informasi Kebencanaan Geologi 

 

Informasi Kebencanaan Geologi merupakan kumpulan dari beberapa informasi yang berisi tentang prakiraan, analisa, tanggap darurat dan kejadian kebencanaan geologi yang terjadi selama periode tertentu dan ditampilkan dalam bentuk layanan informasi berbasis website di https://magma.vsi.esdm.go.id. Kebencanaan Geologi adalah kebencanaan yang diakibatkan oleh dinamika bumi seperti aktivitas gempa bumi, tsunami, gunungapi, dan gerakan tanah. Magma Indonesia adalah layanan informasi kebencanaan  yang dihasilkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi-Badan Geologi.

Bencana Geologi tidak dapat diduga waktunya, kita hanya dapat memperkirakan bencana yang akan terjadi dan mengupayakan mitigasi bencana, berdasarkan hal tersebut maka perlu menyiapkan masyarakat dan Instansi yang terkait dengan kebencanaan di daerah yang rawan terhadap terjadinya bencana geologi dalam menghadapi bencana geologi.

Upaya terencana dan terukur bagi masyarakat yang daerahnya berpotensi bencana geologi, diperlukan pengelolaan sistem informasi, dokumentasi serta pelayanan dan penyebarluasan informasi mitigasi bencana geologi. Oleh karena itu, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengadakan Coffee Morning mengenai Informasi Kebencaan Geologi, hari Senin 27 Februari 2017 di Auditorium Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Jl. Diponegoro No. 57 Bandung.

Coffee Morning dibuka oleh Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kasbani, mewakili Kepala Badan Geologi, didampingi para narasumber yaitu Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api, Subandryo, Kepala Bidang Mitigasi Gerakan Tanah Supriati Dwi Andreastuti dan Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat, Hendra Gunawan. Dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antara narasumber dan para awak media tentang Informasi Kebencanaan Geologi dan acara berjalan lancar serta sukses, audience begitu antusias mengikuti kegiatan ini.

Tujuan pertemuan ini adalah sebagai penyebaran informasi kebencanaan geologi kepada masyarakat melalui media cetak, kalangan akademisi, lembaga swadaya masyarakat dan media sosial, dan sebagai sarana dengar pendapat bagaimana informasi kebencanaan dapat langsung diterima masyarakat serta menyebarluaskan berbagi informasi terbaru tentang kegunungapian, gerakan tanah dan gempa bumi/tsunami.

Coffee Morning dihadiri oleh para pejabat di lingkungan PVMBG, Kepala Pusat dilingkungan Badan geologi, Akademisi yang diwakili oleh UNPAD dan ITB, perwakilan dari BMKG dan BPBD Provinsi Jabar, LSM, dan kalangan media cetak, elektronik dan online. 

coffeemorninginformasikebencanaangeologiKepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kasbani menyampaikan sambutannya dalam acara Coffee Morning Informasi Kebencanaan Geologi di Auditorium PVMBG  Jl. Diponegoro No. 57 Bandung, Senin (27/02/17)

coffeemorninginformasikebencanaangeologi1

Para tamu undangan Coffee Morning Informasi Kebencanaan Badan Geologi

coffeemorninginformasikebencanaangeologi2Perwakilan dari BMKG, Majalah Tempo dan BPBD Bandung, berfoto bersama setelah menerima Buku Informasi Kebencanaan dari Kepala Pusat PVMBG

coffeemorninginformasikebencanaangeologi3Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Ir. Kasbani, M.Sc wawancara dengan para awak media, Bandung (27/02/2017)

coffeemorninginformasikebencanaangeologi4Kepala Bidang Mitigasi Gerakan Tanah, Supriati Dwi Andreastuti, wawancara dengan para awak media, Bandung (27/02/2017)


Pengirim : Lilies Marie

Sumber   : Team PVMBG

 

 

<kembali>