Kepala Badan Geologi Melakukan Tinjauan Daerah Amblesan Muka Tanah/land Subsidence Ke Genuk, Semarang Utara Kota Semarang, Jawa Tengah

Kepala Badan Geologi Melakukan Tinjauan

Daerah Amblesan Muka Tanah/Land Subsidence ke Genuk,

Semarang Utara Kota Semarang, Jawa Tengah

 

Kepala Badan Geologi melakukan tinjauan kondisi lingkungan sekitar Semarang bagian Utara pada Rabu, 1 Maret 2017 yang merupakan daerah amblesan muka tanah/penurunan muka tanah, dengan tipe kejadian yang hampir sama dengan daerah Jakarta bagian utara. Berdasarkan hasil kajian amblesan tanah yang dilakukan oleh Badan Geologi menunjukan kecepatan penurunan muka tanah yang cukup tinggi terutama di wilayah Semarang bagian utara hingga 7 sampai 9 cm/tahun. Penomena amblesan muka tanah yang terjadi di wilayah tersebut diatas sampai saat ini masih terjadi , diindikasikan dengan terjadinya genangan banjir yang semakin meluas, terjadi baik karena hujan maupun banjir rob, ataupun gabungan kedua hal tersebut. Proses amblesan muka tanah tersebut disebabkan beberapa faktor, antara lain karena proses alamiah pada daerah endapan tanah yang belum terkonsolodasi dengan sempurna, juga karean adanya pembebanan struktur bangunan, serta terjadinya exploitasi air tanah yang cukup tinggi. Saat ini sudah dilakukan berbagai upaya pencegahan terjadinya gejala amblesan tersebut yaitu dengan dilakukannya pengendalian pengamblan air tanah berdasarkan kondisi Zona konservasi air tanah. Umumnya daerah yang mengalami amblesan yang sudah cukup tinggi, adalah daerah Zona konservasi air tanah kritis hingga rusak, sehingga pada daerah tersebut tidak diberikan lagi izin baru untuk pengusahaan air tanah. Namun masih perlu upaya pemantauan dan pengawasan terutama pada titik sumur bor ilegal pada daerah Zona konservasi yang kritis dan rusak. Pemenuhan kebutuhan air bagi wilayah tersebut harus bisa secepatnya teratasi dengan sumber air selain air tanah beserta jaringannya. Peristiwa amblesan tanah tersebut telah menimbulkan permasalahan lingkungan dan terganggunya kegiatan perekenomian di wilayah tersebut.

kepalabadangeologimelakukantinjauandaerahamblesanmukatanahlandsubsidencekegenuksemarangutarakotasemarangjawatengah

kepalabadangeologimelakukantinjauandaerahamblesanmukatanahlandsubsidencekegenuksemarangutarakotasemarangjawatengah1Kepala Badan Geologi Melakukan Tinjauan Daerah Amblesan Muka Tanah/Land Subsidence Ke Genuk, Semarang Utara Kota Semarang, Jawa Tengah (Rabu, 01/03/2016).

 

Pengirim : Lilies Marie

Sumber   : Wahyudin (PAG)

 

 

<kembali>