Bupati Pasaman Tinjau Pemboran Landaian Suhu Daerah Potensi Panas Bumi Panti, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat

Bupati Pasaman Tinjau Pemboran Landaian Suhu

Daerah Potensi Panas Bumi Panti, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat


bupatipasamantinjaupemboranlandaiansuhu

Energi panas bumi adalah sumber energi ramah lingkungan dan memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Wilayah Indonesia terletak pada jalur gunung api aktif membuat Indonesia kaya akan sumber daya panas bumi, dengan potensi energi panas bumi 28.500 MWe yang terdiri dari kelas sumber daya 11.000 MWe dan Kelas cadangan sekitar 17.500 MWe. Walaupun mempunyai potensi yang besar, tetapi saat ini hanya sekitar 1.600 MWe listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP). Dengan potensi besar ini, maka terbuka lebar kesempatan energi panas bumi untuk menjadi energi alternatif andalan dan penting untuk mengurangi ketergantungan Indonesia pada sumber energi fosil yang kian menipis.

Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan potensi energi panas bumi yang dituangkan dalam peraturan dan kebijakan pemerintah. Salah satunya dalam Kebijakan Energi Nasional. Pemerintah menargetkan listrik yang bersumber dari energi panas bumi sebesar 7.200 MWe pada tahun 2025. Di sisi lain, pemanfaatan panas bumi sebagai pembangkit listrik masih memiliki resiko besar di sisi hulu, sehingga perlu dukungan semua pihak untuk percepatan pemanfaatan potensi panas bumi yang ada di Indonesia.

bupatipasamantinjaupemboranlandaiansuhu1

Hingga saat ini Pemerintah telah menetapkan 70 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP), dengan rincian 10 WKP telah berproduksi, 25 WKP pada tahap Eksplorasi dan Eksploitasi, 1 WKP dalam proses penerbitan IPB (WKP Seulawah Agam), dan 35 WKP dalam persiapan penugasan kepada BUMN dan pelelangan WKP. Kepala Badan Geologi, Ego Syahrial mengatakan “pada tahun 2017 ini, kami (Badan Geologi) akan merekomendasikan 3 (tiga) Wilayah Prospek Panas Bumi untuk diusulkan menjadi WKP, yaitu: 1) Cubadak - Panti, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat, 2) Sumani, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, dan 3) Kadidia, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah”.

“Berdasarkan data yang telah kami inventarisasi, Sumatera Barat mempunyai potensi energi panas bumi yang cukup besar, yaitu sekitar 850 MWe pada kelas cadangan Terduga dan sekitar 800 MWe kelas Sumber Daya, yang tersebar di sekitar 17 lokasi”, tutur Hedi Hidayat, Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi, di Bandung 14/05/2017. Daerah Panti sebagai salah satu lokasi panas bumi di Sumatera Barat memiliki indikasi keberadaan sistem panas bumi dengan kemunculan mata air panas di permukaan bertemperatur antara 37°C hingga 99°C. Hasil survei Badan Geologi, daerah panas bumi Panti memiliki potensi sebesar 30 MWe (kelas Cadangan Terduga) dengan luas daerah prospek 11 km2 dan perkiraan temperatur reservoir sebesar 180oC.

bupatipasamantinjaupemboranlandaiansuhu2

Sejalan dengan rencana pemerintah untuk melengkapi data panas bumi Panti yang akan diusulkan sebagai WKP, Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi, Badan Geologi pada tahun anggaran 2017 melaksanakan pengeboran landaian suhu dengan target kedalaman 700 meter di daerah Rimbo Panti, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat. Tajak pengeboran pada hari Senin tanggal 15 Mei 2017 dihadiri oleh Bupati Pasaman Bpk. Yusuf Lubis, beserta jajarannya. Bupati mengaku sangat puas atas kegiatan ini, dan mendukung serta berharap kegiatan pemboran berhasil baik, sehingga dapat meningkatkan pasokan energi di wilayah Pasaman dan memacu investasi dan pariwisata setempat.

Pengeboran landaian suhu dilakukan sebagai penyelidikan lanjut atas penyelidikan awal geologi yang telah dilaksanakan sebelumnya. Tujuan pengeboran  adalah untuk mendapatkan data-data bawah permukaan (sub surface) yang meliputi landaian suhu (thermal gradient), litologi, mineral ubahan, intensitas, dan tipe ubahan, serta membuktikan hasil penyelidikan sebelumnya.

bupatipasamantinjaupemboranlandaiansuhu3

Peninjauan Pemboran Panas Bumi di Panti Kab. Pasmanan Tajak oleh Bupati Yusuf Lubis, Senin (15/05/2017)

Pengeboran sumur landaian suhu (strike hole) dilakukan dengan mesin bor tipe Atlas Copco CS14. Ruang lingkup pekerjaan meliputi kegiatan geologi sumur (wellsite geology), dan logging gradien temperatur. Data temperatur bawah permukaan akan dikorelasikan dengan temperatur pembentukan mineral ubahan pada litologi sumur landaian suhu dari permukaan hingga kedalaman akhir.

bupatipasamantinjaupemboranlandaiansuhu4

Foto bersama Bupati Yusuf Lubis

Diharapkan kegiatan pengeboran landaian suhu daerah panas bumi Panti, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat dapat berjalan dengan baik dan memperoleh data potensi panas bumi yang lebih lengkap dan akurat, untuk rekomendasi penetapan Wilayah Kerja Panas Bumi.

 

(Tim Panas Bumi PSDMBP)

 

<kembali>