Indonesia Dan India Tandatangani Kerja Sama Teknik Eksplorasi Batubara


indonesiadanindiatandatanganikerjasamateknikeksplorasibatubara

Badan Geologi Indonesia (Geological Agency of Indonesia) melalui Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara, dan Panas Bumi mengadakan pertemuan dengan Central Mine Planning and Design Institute (CMPDI) India, rabu (30/08/2017). Pembahasan rinci terkait bentuk dan proyek kerja sama tentang teknis eksplorasi batubara ini berlangsung selama tiga hari di Kantor Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara, dan Panas Bumi Jalan Soekarno-Hatta Bandung.
 
Kerja sama eksplorasi batubara telah disepakati antara Geological Agency of Indonesia (GAI) dan Central Mine Planning and Design Institute (CMPDI). Nota kesepahaman telah ditanda tangani kedua belah pihak sesaat setelah selesai pembahasan kerja sama tersebut. Pihak. GAI oleh Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi, Hedi Hidayat dan CMPDI ditanda tangani oleh Kepala delegasi, Arun Kumar Panda.

indonesiadanindiatandatanganikerjasamateknikeksplorasibatubara1

Salah satu tanggung jawab Badan Geologi melalui PSDMBP adalah melakukan inventarisasi dan eksplorasi data sumber daya mineral dan energi. dan eksplorasi batubara. Kelompok kerja gabungan batubara antara Indonesia dan India merupakan tindak lanjut kesepakatan India Indonesia dan sudah melakukan pertemuan keempat. Badan Geologi Indonesia mendorong upaya pembinaan dan peningkatan kerjasama di bidang sumber daya geologi di seluruh dunia. Selanjutnya pembahasan proyek detail eksplorasi gabung dan membahas tentang Technical Agreement dan Plan of Operation. Dalam sambutan Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi berharap kerjasama teknik ini akan meningkatkan dan memperluas keahlian serta kemampuan pengelolaan sumber daya batubara untuk kepentingan dan kesejahteraan kedua negara.

indonesiadanindiatandatanganikerjasamateknikeksplorasibatubara2

Setelah penandatangan Nota Kesepahaman hari ketiga atau hari terakhir semua delegasi India mengunjungi Fasilitas Peralatan Pemboran Panas Bumi dan Bengkel Alat Berat serta alat-alat yang terkait dengan eksplorasi batubara Laboratorium yang telah terakreditasi dengan menggunakan metode standar internasional dalam operasinya, terutama untuk mempertahankan kualitas analisis yang dihasilkan.  Disamping itu juga tergabung dalam ikatan kerjasama cek antar laboratorium (Cross Check Analysis) baik dalam maupun di luar negeri serta terakreditasi Komite Akreditasi Nasional Nomor Registrasi: LP-326-IDN dan dilengkapi dengan sarana Compressed Air Central, Exhaust System dan Computerized System (LAN System).

 

Penulis: Elang Somantri, Pranata Humas Madya



<Berita Terkini>