Museum Geologi Bandung Sambut Hari Jadi Pertambangan Dan Energi 2017

museumgeologibandung
Para peserta “Temu Netizen”
   
Dalam rangka memperingati Hari Jadi Pertambangan dan Energi yang ke-72, Museum Geologi Bandung menyambut dengan Day and Night at The Museum Sabtu (23/09/17). Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, kali ini Museum Geologi bekerja sama dengan Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerjasama (BIRO KLIK) Kementrian ESDM  menggelar “Temu Netizen”. Acara yang mengangkat tema “Tambang Untuk Kehidupan Manusia” itu diikuti oleh mahasiswa serta followers media sosial kementrian ESDM  berjumlah 50 orang.

museumgeologibandung1
Ma’mur menjelaskan preparasi fosil.
   
Dian Lorinsa selaku Kepala Sub Bagian Hubungan Kelembagaan Biro KLIK KESDM, membuka acara ini pada pkl. 16.00 kemudian dilanjutkan dengan kunjunjang ke ruang storage Museum Geologi yang dipandu oleh  Kepala Seksi Edukasi & Informasi Museum Geologi, Ma’mur. Peserta diajak menjelajah tiga ruang, yaitu ruang storage, ruang preparasi fosil, dan ruang database.

museumgeologibandung2
Niko dari PT. Bukit Asam
 
Setalah melakukan kunjungan di ruang storage para peserta kembali ke ruangan dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari dua narasumber yaitu, Oman Abdurahman selaku Kepala Museum Geologi, dan narasumber kedua Niko selaku manager investor PT. Bukit Asam. Oman Abdurahman memaparkan “Sejarah Pertambangan” kemudian Niko mempresentasikan materi berjudul “Hijau Tambangku, Lestari alamku”. Para peserta sangat antusias bertanya setelah kedua narasumber memaparkan materinya. Di akhir acara para peserta dipersilahkan melanjutkan kunjungan ke Museum Geologi dan mengikuti rangkain acara Night at The Museum.

museumgeologibandung3
Foto booth di lantai dua Museum Geologi.
   
Antusias yang sangat luar biasa dari para pengunjung terlihat dari jumlah pengunjung yang berjumlah 1.249 orang. Museum Geologi yang memiliki moto smart museum, smart people & smart nation bekerja sama dengan forum peduli museum (MuseumCare), OZ Radio Bandung, dan komunitas Mimpi si Kecil yang membuat acara ini semakin meriah serta bisa berkolaborasi dengan komunitas dan beberapa media. Semoga dengan kegiatan Day and Night at The Museum dalam menyambut Hari Jadi Pertambangan dan Energi yang ke-72 Museum Geologi selaku unit pelaksana teknis dari Badan Geologi mencoba mengenalkan tambang kepada masyarakat.

museumgeologibandung4
Di Pelataran Museum Geologi
   
Acara Night at The Museum yang dimulai pkl. 19.00 mendapat sambutan meriah dengan dari peserta. Acara dalam rangka menyambut hari jadi Pertambangan dan Energi yang jatuh pada tanggal 28 September itu digelar sejumlah acara menarik. Diawali dengan sesi cinema museum dengan memutar film sang perintis, airbone survei, dan green maining. Pameran tambang dan foto booth dari Biro KLIK Kementrian ESDM berada di hall lantai dua Museum Geologi.

museumgeologibandung5
Denatur ikut meriahkan Night at The Museum.
   
Untuk lebih memeriahkan Night at The Museum, di pelataran gedung Museum, panitia menggelar bazar kuliner dan penampilan grup musik denatur Badan Geologi. Lagu alam dan lagu pop yang dibawakan denatur membuat peserta ikut larut dalam kegembiraan duduk lesehan di depan gedung Museum. Beberapa peserta bahkan berfoto selfie di depan back drop yang dirancang menarik oleh panitia. Acara malam itu berakhir saat denatur menampilkan lagu terakhirnya menjelang pkl.10.00 malam  bersamaan Night at The Museum ditutup.

   
Penulis: Torry

<Berita Terkini>