Berbagi Wawasan Dengan Akademisi Geofisika Universitas Brawijaya


   
Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara, dan Panas Bumi (PSDMBP) Badan Geologi KESDM menerima kunjungan dari Universitas Brawijaya Malang pada hari Rabu (1/11/2017). Rombongan yang berjumlah 50 orang ini dipimpin oleh Alamsyah M. Juwono, M.Sc, PhD, Ketua Prodi Teknik Geofisika dengan harapan agar wawasan anak didiknya mengenai Geofisika bertambah setelah kunjungan ini dilaksanakan.
PSDMBP Badan Geologi yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan, Edi Suhanto, S.Si, M.T.  menjelaskan mengenai pentingnya peran Geofisika dalam menentukan nilai sumberdaya dan cadangan mineral, batubara dan panas bumi. Data rekomendasi usulan wilayah kerja mungkin belum bisa keluar tanpa adanya data geofisika.  Ditayangkan pula video profil PSDMBP yang berisikan mengenai profil instansi dari hulu ke hilir.

berbagiwawasandenganakademisigeofisikauniversitasbrawijaya
Pemaparan mengenai tugas dan fungsi PSDMBP di hadapan mahasiswa Universitas Brawijaya
     
Dari hasil diskusi diperoleh pengetahuan baru bagi mahasiswa Universitas Brawijaya diantaranya bahwa daerah yang paling banyak mengandung mineral adalah daerah yang banyak mengandung batuan ultrabasanya dan terdapat di Indonesia bagian Timur mulai Sulawesi sampai Papua. Di beberapa daerah di Sumatera juga terdapat batuan ultrabasa yang mengandung emas.  Pengolahan umumnya dilakukan oleh industri yang mempunyai nilai ekonomis, namun masyarakat dapat mendulang emas di sungai. Contoh sederhana di lapangan yaitu dengan membawa peta dasar aliran sungai, palu geologi, saringan pasir 80 mesh untuk mengambil sampel butiran yang mengandung emas untuk dianalisis dengan mencoba di sungai orde 1 atau 2.
Untuk data panas bumi dilakukan survei yang  meliputi survei geologi, geofisika, geokimia, magnetotelurik, seismik tergantung dari lingkungan geologinya. Apabila data lengkap, PSDMBP Badan Geologi juga melakukan pengeboran panas bumi gradien termal dengan kedalaman 700 m. Kemudian dilakukan analisis komperehensif apabila ada cadangan terduga, yang selanjutnya akan dieksploitasi melalui penugasan atau lelang dari Ditjen EBTKE di Jakarta.
Untuk data batubara, selain metode geologi dan geofisika, yang paling digunakan yaitu seismik. Selain itu interpretasi merupakan bagian yang sangat penting dalam menghasilkan data kualitatif dari geologi dan data kuantitatif dari geofisika. Selanjutnya dibuktikan dengan menggunakan peralatan untuk mengetahui dimensinya.

berbagiwawasandenganakademisigeofisikauniversitasbrawijaya1
Kunjungan mahasiswa Universitas Brawijaya ke Laboratorium PSDMBP Badan Geologi

PSDMBP Badan Geologi juga bertugas sebagai evaluator dari laporan-laporan yang menjadi sumber data dalam menghasilkan informasi neraca sumber daya dan cadangan mineral, batubara dan panas bumi. Data atau informasi yang telah diolah dengan sistem informasi atau perangkat lunak tersebut dijadikan bahan publikasi seperti di website atau atlas. PSDMBP juga memberikan rekomendasi wilayah yang mempunyai nilai ekonomis untuk dieksplorasi.
Wilayah pertambangan adalah milik Indonesia, tetapi dapat dikontrakkan atau diusahakan ke perusahaan untuk dieksplorasi ataupun diekploitasi. Perusahaan yang akan melakukan kegiatan mengajukan proposal ke Kementerian ESDM, kemudian KESDM akan menilai kelayakan pemanfaatannya untuk bangsa Indonesia. PSDMBP Badan Geologi juga mengawal sampai akhir penilaian kelayakan tersebut. Wilayah yang tumpang tindih dievaluasi kembali dan hasil evaluasinya akan dikembalikan ke pemerintahan provinsi yang bersangkutan.
Tahun-tahun sebelumnya mahasiswa bisa dilibatkan dalam eksplorasi awal dengan biaya PSDMBP Badan Geologi, tetapi saat ini tidak lagi. Mahasiswa dapat mengajukan proposal dahulu apabila ingin terlibat dalam kegiatan lapangan serta diminta untuk presentasi bahan yang akan diteliti untuk menguji pengetahuan yang bersangkutan dahulu.

berbagiwawasandenganakademisigeofisikauniversitasbrawijaya2
Foto bersama di salah satu gedung yang dimiliki PSDMBP Badan Geologi
 
Selanjutnya setelah sesi diskusi berakhir, rombongan Universitas Brawijaya melakukan kunjungan ke bagian peralatan survei, peralatan pengeboran dan laboratorium PSDMBP Badan Geologi. Diharapkan mahasiswa yang berkunjung ke PSDMBP Badan Geologi mendapatkan wawasan tambahan yang diperlukan bagi akademisi untuk pengembangan dirinya.


   
Sumber : Qomariah.
Editor    : Titan Roskusumah
           
 
<Berita Terkini>