Warta Geologi Volume 2 No. 3

warta201004

Download isi klik disiniacroread

EDITORIAL

Belajar dari Fenomena Geologi di Sekitar Kita : Mengoptimalkan Sumber Daya, Meminimalkan Bencana

Dalam kurun waktu Juli hingga September 2007, kembali kita diingatkan oleh satu kenyataan lama yang terus berlangsung hingga kini: fenomena geologi dengan bencana atau pun manfaat yang diberikannya. Akhir bulan Juli 2007, Gunung Kelud di Jawa Timur kembali menunjukkan aktivitasnya. Seolah melanjutkan kerja universalnya, bumi kita kembali berguncang di Bengkulu pada awal September lalu, menimbulkan dampak yang tak dapat ditanggulangi sendiri oleh masyarakat yang mengalaminya : sebuah bencana.

Warta Geologi (WG) Volume 2 Nomor 3 kali ini berisikan beragam tulisan yang mengulas potensi pemanfaatan sumber daya geologi,    bencana geologi dan potensinya (bahaya geologi). Spektrum tema yang disajikannya merentang mulai dari persoalam sumber daya manusia (SDM) di daerah, sumber daya geologi, dan bencana geologi. Hal itu adalah sejumlah tulisan yang tak perlu dikategorikan kedalam tema khusus apapun tentang geologi. Namun jelas, kumpulan tulisan ini menggambarkan dua sisi yang abadi tentang fenomena geologi: potensi manfaat dan potensi bencana.

Para pembaca yang budiman, Fenomena geologi yang terjadi jutaan tahun yang lalu telah memberikan kepada kita sejumlah potensi untuk pemanfaatan yang optimal hingga dapat dinikmati oleh masyarakat banyak, terutama mereka yang hidup di lokasi potensi tersebut. Tiga tulisan dalam WG kali ini memberikan informasi populer tentang hal itu, yaitu tulisan-tulisan yang berkenaan dengan mineral emas, airtanah, dan batugamping. Tulisan lain berkaitan dengan sumber daya geologi adalah ulasan di seputar museum geologi.

Logam emas adalah logam mulia yang banyak dicari orang karena kelangkaannya. Indonesia kaya akan jebakan mineral logam emas. Namun, kebanyakan bijih emas yang terdapat dalam geologi Indonesia ini ditambang dan diusahakan oleh pertambangan milik perusahaan besar milik swasta internasional. Tulisan tentang mineral emas pada WG    kali ini berdiri pada sisi yang lain: sebuah usulan pertambangn emas rakyat. Melalui tulisan tersebut para pembaca akan memperoleh informasi tentang ciri-ciri endapan batuan yang mengandung emas dan cara-cara pengelolaannya dalam konteks pertambangan rakyat.

Ensiklopedia bahan galian seri batugamping memberikan informasi tentang sumber daya geologi lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Tulisan tentang airtanah memberikan informasi

tentang konservasi airtanah, mulai dari penyebabnya hingga cara-cara penanggulangannya dengan mengambil kasus kondisi airtanah di Cekungan Bandung, Jawa Barat. Adapun tulisan tentang museum geologi Bandung memberikan salah satu alternatif pemberdayaan informasi geologi untuk pariwisata, yaitu    geowisata yang mengandung baik aspek pendidikan maupun perlindungan lingkungan.

Pembaca yang budiman, Adalah hukum alam yang dititipkan pada aspek geologi, bahwa selain memberikan manfaat, alam pun adakalanya menimbulkan ancaman bahaya hingga bencana. Dengan demikian kita perlu menyiapkan SDM agar kita mampu mengoptimalkan manfaat dan meminimalkan bencana yang mungkin ditimbulkan dalam perjalanan dinamika geologi kita. Hal yang disebut terakhir ini adalah kritis dalam konteks era Otonomi Daerah sekarang ini. Tiga buah tulisan lainnya memberikan informasi populer berkenaan dengan mitigasi bencana dan kesiapsiagaan SDM untuk pengelolaan aspek geologi di daerah.

Pertama, ulasan tentang bencana geologi gempabumi Bengkulu yang terjadi 12 September 2007.    Ulasan peristiwa tersebut memberikan informasi di seputar geologi dan geotektenik, besaran bencana, dan sejarah kebencanaan di masa lalu di daerah Bengkulu. Informasi-informasi tersebut dari sudut pandang upaya mitigasi termasuk kedalam upaya pemantauan atau kesiapsiagaan menghadapi bencana. Tulisan kedua berbicara tentang bencana yang datangnya tidak menentu serta memberikan sebuah skema upaya yang harus dijalankan dalam rangka mitigasinya. Adapun tulisan yang ketiga menyoal tentang kesiapan SDM di Daerah. SDM seperti apa dan bagaimana iklim budaya yang mampu menumbuhkannya adalah fokus pertanyaan yang berusaha dijawab melalui tulisan tersebut.

Pembaca yang budiman, Demikianlah sekilas gambaran isi WG Volume 2, Nomor 3. Semoga melaluinya kita disadarkan kembali pentingnya upaya-upaya yang optimal, baik untuk memanfaatkan    potensi sumber daya geologi, maupun mitigasi bencana geologi. .

”Selamat menikmati Warta Geologi Volume 2 Nomor 3 Tahun2007.”

 

Bandung, September 2007

Oman Abdurahman

 

[Kembali]