Warta Geologi Volume 1 No. 5

warta201004

Download isi klik disiniacroread

EDITORIAL

Dari Sosialisasi Bidang Geologi: Geologi perlu dikenalkan sejak dini dan dikembangkan secara terintegrasi

Para pembaca yang budiman,

Acara utama kegiatan sosialisasi kali ini adalah seminar mengenai kebencanaan geologi dengan menampilkan empat pembicara dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Hal itu sesuai dengan Tahun 2006 dan tahun-tahun sebelumnya ketika banyak wilayah Indonesia mengalami bencana alam terkait geologi. Juga, mengingat salah satu prioritas pembangunan Nasional Tahun 2007 berkenaan dengan mitigasi bencana.

Acara lainnya dalam sosialisasi tersebut adalah: lomba gambar bertemakan geologi dan sajian Planet Sains - yang mendemonstrasikan bagaimana proses gunung meletus - untuk pelajar tingkat SD; pameran, lomba karya tulis untuk mahasiswa, lomba foto untuk karyawan intern BG, penganugerahan Geology Award, Open House BG, malam seni budaya yang juga bermuatan pesan tentang pentingnya pelaziman dalam sosialisasi.

Pada hari ketiga dan keempat, digelar launching buku ”Geowisata Sejarah Bumi Bandung” dan komik ”Mineral untuk Kehidupan”; kunjungan ke museum geologi, serta pemutaran fi lm yang semuanya mendapat sambutan meriah dari para pengunjung. Untuk memutar ulang rekaman pelaksanaan sosialisasi tersebut, peristiwa tersebut sengaja kami angkat menjadi Fokus Kita WG edisi kali ini.

Kesimpulan bahwa geologi perlu disosialisasikan sejak dini menggeliat dari seluruh rangkaian acara sosialisasi tersebut. Bagaimana para siswa SD dapat berinteraksi dengan geologi melalui ide sebuah gambar dalam lomba gambar, misalnya, mengukuhkan kesimpulan tersebut.

Demikian pula acara launching buku menekankan pentingnya hal itu. Hal yang spektakuler yang mendukung kesimpulan tersebut adalah gairah yang menggebu-gebu untuk lebih memahami geologi yang muncul dari sekitar 1.500 siswa SMP setelah mereka menyaksikan pemutaran film bencana geologi sebagaimana terekam dalam tulisan tulisan pesan dan kesan mereka.

Adapun isu penting yang mengemuka dari seminar kebencanaan geologi adalah harapan para peserta sosialisasi wakil dari 25 propinsi yang hadir agar pengelolaan informasi geologi – lebih luasnya penelitian dan pelayanan geologi – dilakukan secara terintegrasi di dalam sebuah badan nasional. Hal itu diperlukan agar terjadi koordinasi, percepatan penyediaan, dan penyebaran informasi yang efi sien dan efektif tentang geologi kepada pihak-pihak yang memerlukan.

Para Pembaca yang budiman,

Di lingkungan BG, 17 Agustusan tahun 2006 diisi dengan Ceramah Agama, Bazaar, dan Pentas Musik di halaman depan Auditorium Geologi. Sementara itu, di lingkungan DESDM digelar acara PORSENI sektor ESDM dengan mempertandingkan olahraga dan live music.

Pada PORSENI ESDM 2006 ini, BG berhasil meraih 1 medali emas dari cabang catur dan 3 medali perak dari cabang catur, bridge, dan live music. Selain ketiga cabang tersebut, BG juga berpartisipasi pada cabang tenis, futsal, dan gerak jalan.

Dalam WG kita kali ini, bukan saja Fokus Kita yang berbeda dari biasanya, melainkan juga Profil. Jika pada WG sebelumnya rubrik tersebut menampilkan seorang tokoh staf BG, maka dalam WG Nomor ini Profi l menampilkan 5 (lima) orang staf BG yang merupakan perancang buku sosialisasi dalam bentuk komik, ”Mineral untuk Kehidupan”.

Selamat menikmati WG Nomor 5!
Oman Abdurahman dan Priatna

 

[Kembali]