The Eightnational Coordinator Meeting And Workshop Of Ccop-kigam Unconventional Oil And Gas Resources Project

The Eightnational Coordinator Meeting and Workshop
of
CCOP-Kigam Unconventional Oil And Gas Resources Project

Hotel Inna Garuda, 18-20 Juli 2017, Jogjakarta, Indonesia
 
The CCOP Technical Secretariat bekerjasama dengan Korea Institute of Geosciences and Mineral Resources (KIGAM) dan Badan Geologi, LEMIGAS, Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral mengadakan pertemuan National Coordinators Meeting & Workshop (UCM8) di Hotel Inna Garuda tanggal 18-20  July 2017 Jogjakarta.  Pertemuan ini membahas beberapa hal penting  tentang metodologi dalam mengevaluasi dan mengembangkan potensi minyak dan gas non konvensional dari Negara-negara CCOP
Tujuan dari acara ini adalah untuk mengetahui potensi Unconventional  oil and gas di Negara-negara anggota CCOP, lebih melakukan kerjasama dalam mengembangkan dan cara pengelolaan potensi unconventional oil and gas, membuat shale basin mapping setiap Negara anggota CCOP sehingga potensinya dapat terhitung.
Dengan pertemuan ini diharapkan dapat mendorong Indonesia lebih aktif lagi dalam pengembangan potensi minyak dan gas non konvensional dimasa depan. Dalam sambutan pembukaaan Kepala Badan Geologi, Ego Syahrial selaku Permanent Representative of CCOP Indonesia yang diwakili oleh Kepala Pusat Survei Geologi, Muhammad Wafid AN menyampaikan bahwa kegiatan yang sedang dilaksanakan sejalan dengan komitmen pemerintah Republik Indonesia untuk mengembangan penelitian mengenai Sumber Daya Minyak dan Gas Non Conventional termasuk Shale oil dan gas. Hal ini dipandang penting mengingat bahwa wilayah Indonesia memiliki sumber daya minyak dan gas non-conventional yang sangat berlimpah. Perkembangan teknologi pemanfaatan sumber daya minyak dan gas non-conventional meningkat secara signifikan. Hal ini tentu saja harus diimbangi dengan pemahaman tentang karakteristik dan besaran cadangan sumber daya minyak dan gas non-conventional. Pertemuan dan workshop yang disebut The Eight National Coordinators Meeting and Workshop atau UCM8 ini dihadiri oleh para delegasi oleh anggota CCOP, KIGAM dan narasumber dari British Geological Survey (BGS). Kegiatan ini difasilitasi Badan Geologi, Kementerian Sumber Daya Mineral dan difokuskan pada pemetaan Black Shale dalam rangka perhitungan besaran potensi shale sebagai sumber daya minyak dan gas non-konvensional. Untuk itu selain presentasi mengenai metode-metode dan proses yang dilakukan oleh masing-masing Negara untuk melakukan perhitungan potensi shale oil dan shale gas, juga dilakukan workshop untuk merumuskan dan mempelajari penerapan pedoman dan metodologi pengkajian sumber daya shale oil dan shale gas. Kegiatan UCM8 ditutup dengan fieldwork ke daerah Bayat dan sekitarnya, dimana dibeberapa lokasi dapat diamati contoh-contoh keterdapatan shale yang mungkin memiliki sumber daya minyak dan gas.

theeightnationalcoordinatormeetingandworkshop
Kepala Pusat Suvey Geologi, Muhammad Wafid AN, mewakili Kepala Badan Geologi, sebagai Permanent Representative of Indonesia to CCOP saat memberikan sambutan (18/07/17).


theeightnationalcoordinatormeetingandworkshop1
Foto bersama delegasi CCOP non-konvensional Oil and Gas Resources di Hotel Inna Garuda, Jogjakarta, Indonesia.


theeightnationalcoordinatormeetingandworkshop2
Peserta delegasi CCOP non-konvensional Oil and Gas Resources


theeightnationalcoordinatormeetingandworkshop3
Fieldwork delegasi anggota CCOP non-konvensional Oil and Gas Resources  dari beberapa negara di Kecamatan Bayat Klaten Jawa Tengah. (20/07/2017).

 
Sumber: Isnu
Pengirim: Lilies Marie


<Berita Terkini>