Badan Geologi Selenggarakan Evaluasi Capaian Kinerja Semester I/2017

Isu strategis pekerjaan di lingkungan Badan Geologi, baik realisasi maupun target dipresentasikan oleh masing-masing pimpinan eselon dua dalam acara Pra Rapat Kerja Evaluasi Capaian Kinerja Badan Geologi Semester 1 senin (31/07/17) di Auditorium Geologi Bandung. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Badan Geologi, Ego Syahrial sekaligus bertindak sebagai moderator. Pada acara Pra Rapat Kerja ini para pimpinan satker memaparkan poin utama diselingi langsung arahan Kepala Badan dan tanya jawab peserta. Dengan harapan seminggu kedepan dapat dilaksanakan Raker yang lebih optimal dimana seluruh peserta memiliki bahan materi rapat dan bisa lebih aktif berinteraksi dengan para pimpinan yang melakukan presentasi kegiatan.

badangeologiselenggarakanevaluasicapaiankinerjasemesteri2017

Arahan utama dari Kepala Badan yang juga arahan dari Menteri ESDM yaitu untuk meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi dalam melakukan pekerjaan. Banyak pekerjaan yang menjadi isu nasional yang membutuhkan kebersatuan para ahli geologi yang ada di Badan Geologi. Dalam melakukan pekerjaan harus lintas satker karena setiap pekerjaan saling berkaitan satu sama lain, harus dihilangkan sekat-sekat pekerjaan. “Penelitian Cekungan Air Tanah Watuputih dengan melibatkan beberapa Pusat di lingkungan Badan Geologi  merupakan salah satu contoh yang bagus”, Ego menegaskan.

badangeologiselenggarakanevaluasicapaiankinerjasemesteri20171

Selain itu Ego berpesan semua pimpinan di Badan Geologi harus melakukan pembinaan menyeluruh dari atas sampai lapisan ke bawah. Badan Geologi akan kuat kalau setiap pekerjaan dilakukan koordinasi setiap satker. Hal lain yang ditekankan oleh Kepala Badan adalah aplikasi elektronik untuk tata persuratan harus bisa dilaksanakan secara optimal. Dan diharapkan kepada unit eselon dua untuk bisa mendukung kegiatan museum dengan memberikan bahan untuk ditampilkan dan langsung dinikmati oleh masyarakat luas.

badangeologiselenggarakanevaluasicapaiankinerjasemesteri20172

Secara umum semua kegiatan mencapai target yang telah ditetapkan dengan     berpedoman pada skala prioritas. Keberadaan PVMBG dalam melakukan mitigasi bencana geologi mendapatkan perhatian dengan penambahan anggaran tahun 2018 untuk revitalisasi peralatan dan infrastruktur. Ego juga mengapresiasi kehadiran MAGMA Indonesia dan berpesan agar standar kompetensi yang telah diraih dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Dalam kesempatan pra raker itu, Museum Geologi menyampaikan beberepa isu strategis, menurut laporan Tenaga Ahli KESDM, Museum Geologi telah melakukan beberapa perbaikan sesuai dengan arahan Menteri ESDM. Permasalahan yang perlu pembahasan lebih fokus adalah tentang pengelolaan Museum Geologi yang tersebar di luar Bandung. Ego juga menambahkan “yang perlu mendapat perhatian juga adalah kondisi Pos Pengamatan gunung api yang tersebar di seluruh Indonesia” .

badangeologiselenggarakanevaluasicapaiankinerjasemesteri20173

Menteri Jonan sangat perhatian terhadap efisiensi anggaran Kementerian ESDM. Menurut rencana akan melakukan one on one meeting untuk menentukan anggaran yang dibutuhkan oleh setiap satker di Badan Geologi sebelum program tahun 2018 ditanda tangani. Semua anggaran harus benar benar memberi kemanfaatan bagi masyarakat, demikian pungkas Ego sebelum menutup pra raker sore itu.
   
Sumber:
Titan Roskusumah dan Lilies Marie
  
<Berita Terkini>