Article Detail

Pengelolaan Terpadu Pemanfaatan Sumber Daya Panas Bumi Dan Potensi Wisata Danau Ranau


BULETIN SUMBER DAYA GEOLOGI, Vol. 1 No. 2 April 2006

Sri Widodo - PSDG, Badan Geologi.
Danau Ranau terdapat di wilayah perbatasan dua provinsi yaitu Sumatera Selatan dan Lampung. Bagian utara dan timur termasuk wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan, sedangkan bagian barat dan selatan termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Manifestasi panas bumi berupa mata air panas dijumpai pada beberapa lokasi, seperti Waipanas Lombok, Talang Kedu (di desa Lombok) dan Kerincing, Wai Wangi, Waipanas-Kotabatu, Cukuh Penggeseran di desa Banding. Berdasarkan penyelidikan dari Pusat Sumber Daya Geologi pada tahun 2005, potensi cadangan panas bumi terduga daerah ini setara 40 MWe. Selain dapat dipergunakan untuk kepentingan listrik, sumber daya panas bumi ini dapat dimanfaatkan untuk sterilisasi media tanam sayuran serta pengeringan hasil pertanian, perkebunan dan perikanan. Hasil bumi daerah sekitar danau Ranau berupa tomat, kol, cabe, pisang, kopi dapat diolah dengan menggunakan pemanasan/ pengeringan dari energi panas bumi. Manfaat yang lain adalah untuk pemanasan ruangan, rumah kaca (green house) spa, dan pemandian air panas. Potensi wisata di danau Ranau berupa wisata danau, gunungapi, panas bumi, wisata hutan dan agrowisata merupakan kekayaan daerah tersebut. Pengelolaan secara terpadu potensi -potensi diatas dapat menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta menjaga lingkungan.
panas bumi, potensi wisata, danau ranau
  • Sumotarto, U., T. Surana, F. Lasman. 2000. Pemanfaatan Energi panas Bumi untuk Budi Daya Jamur. Proseding. PIT API-IV. Jakarta.
  • Tim penyelidikan terpadu danau Ranau. 2005. Laporan Penyelidikan Terpadu Geologi, Geokimia dan Geofisika di Daerah Panas Bumi Danau Ranau. Direktorat Inventarisasi Sumber Daya mineral. Laporan. Tidak dipublikasikan.
Download

Comments


* Comments will be reviewed first before publish

* You need to be login to post your comment. doesn't have login Id, please register

There's No Comment Data to be shown